signal messenger foundation
signal messenger foundation

Signal Foundation

Diposting pada

Caracepat.Net – Signal Foundation – Aplikasi berbagi pesan, Signal sedang ramai di perbincangkan akhir-akhir ini. Apa itu Signal? Benarkah aplikasi yang di sebut sebagai pesaing Whatsapp ini lebih aman?. Terlebih satu di antara orang terkaya di dunia, Elon Musk menyarankan untuk menggunakannya. Bukan cuma Elon Musk, pada 2016 lalu, whistleblower fenomenal, Edward Snowden juga “mempromosikan” Signal. Lantas, apa sebenarnya aplikasi Signal?

Apa Itu Signal ?

Seperti di sebutkan di atas, Signal menggunakan Protokol Sinyal sumber terbuka untuk mengimplementasikan enkripsi ujung ke ujung. Dan seperti WhatsApp, enkripsi E2E mencakup semua bentuk komunikasi di Signal. Signal merupakan aplikasi perpesanan sebagaimana WhatsApp. Aplikasi ini dapat di unduh di platform Android maupun iOS dan tersedia pula untuk versi desktop. Signal di kembangkan oleh Signal Foundation dan juga Signal Messenger LLC. Signal Foundation adalah lembaga non-profit yang di dirikan oleh founder WhatsApp, yaitu Brian Acton pada tahun 2018 silam, setelah dirinya hengkang dari Facebook Inc.

Platfrom tersebut juga bisa mengatur agar pesan menghilang seiring berjalannya waktu, atau foto di lenyapkan setelah sekali melihat. Singkatnya, Signal fokus pada privasi dan memberi sejumlah alat untuk mengelola privasi tersebut. Berbeda dengan WhatsApp, Signal di kembangkan dengan model swadaya. Pengguna bisa menjadi donatur untuk Signal Foundation yang menyebut ingin mengembangkan layanan komunikasi yang mengutamakan privasi.

Fitur Menarik Aplikasi Chatting Signal

  1. Mendukung Percakapan Personal dan Grup
  2. End to end encryption
  3. Disappearing Message
  4. Mengunci Aplikasi
  5. Kondusif Voice dan Video Call
  6. Kontributif Berbagai File
  7. Mendukung Emoji dan GIF
  8. Mendukung Berbagai Platform
  9. Bisa jadi aplikasi SMS/MMS
  10. Kontributif Tema Aplikasi

Sementara WhatsApp mengenkripsi pesan dan panggilan (dan itu cukup untuk sebagian besar pengguna), Signal melangkah lebih jauh dan mengenkripsi metadata juga . Untuk melindungi privasi pengguna dari segala penjuru, Signal menemukan cara baru untuk berkomunikasi antara pengirim dan penerima dan itu disebut Pengirim Tertutup . Pada dasarnya, dengan Sealed Sender, tidak ada yang bisa tahu – bahkan Signal – siapa yang mengirim pesan kepada siapa, yang luar biasa.

BACA JUGA  Komik Black Clover Chapter 297 Sub Indo

Selain itu, memiliki beberapa fitur privasi luar biasa di Signal yang akan membuat pengalaman pengiriman pesan Anda menjadi lebih pribadi dan aman. Misalnya, Anda dapat mengunci Signal dengan kode sandi atau biometrik. Lalu ada 2FA dan opsi untuk memblokir tangkapan layar di dalam aplikasi dan layar terbaru. Dan baru-baru ini Signal menambahkan fitur baru untuk mengaburkan wajah secara otomatis sebelum mengirim gambar. Itu keren, bukan?

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan apa itu Signal, aplikasi yang di sebut-sebut menjadi pesaing dari Whatsapp. apakah kamu tertarik untuk mencoba dan beralih ke aplikasi Signal?