Cara Mengatasi Blue Screen di Windows

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows

Diposting pada

CaraCepat.net – Perangkat laptop kini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Kehadirannya sangat membantu pekerjaan manusia, mulai dari urusan sekolah, kantor, hingga untuk hiburan. Seringnya penggunaan dan beragam aktivitas berat yang dilakukan oleh laptop pun bisa membuatnya mengalami kerusakan. Ada banyak jenis kerusakan pada laptop, tapi yang paling sering terjadi adalah Blue Screen. Gejala umum Blue Screen pada laptop yaitu laptop secara tiba-tiba melakukan proses restart sendiri kemudian tidak bisa dipakai. Berikut Cara Mengatasi Blue Screen di Windows.

Blue Screen sendiri atau Blue Screen of The Dead (BSOD) merupakan suatu notifikasi dari Sistem Operasi Khususnya Windows ketika terjadi error pada system dan tidak bisa merecovernya atau memperbaikinya. yang paling sering terjadi bluescreen datang secara tiba-tiba. hal ini akan menjadi masalah besar saat kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting di komputer sehingga pekerjaan yang sedang kita kerjakan tidak tersimpan atau save.

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan jika PC/Komputer mengalami Blue Screen.

  • Scan Malware
  • Update Driver
  • Melakukan System Restore
  • Cek Masalah Hardware
  • Boot ke Safe Mode

Jika langkah-langkah di atas masih belum bisa mengatasinya, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah Instal Ulang Windows. Cara ini akan membuat sistem terbangun dari awal dimana belum terjadi kerusakan. Namun jika laptop Anda tetap mengalami Blue Screen, maka letak permasalahannya ada pada hardware laptop Anda.

Sebuah komputer yang jarang sekali muncul Blue Screen misalkan saja dua tahun sekali, ini bukan masalah yang harus kamu takutkan. Namun bila komputer kamu sering sekali mengalami Blue Screen, sebaiknya kamu harus cepat mengatasinya.

BACA JUGA  Aplikasi Kalkulator Konversi Nilai Tukar Mata Uang