4 Bansos Yang Diperpanjang Sampai 2021
4 Bansos Yang Diperpanjang Sampai 2021

4 Bansos Yang Diperpanjang Sampai 2021

Diposting pada

CaraCepat.Net — 4 Bansos Yang Diperpanjang Sampai 2021 — Pemerintah telah menyiapkan dana Rp 408,8 triliun dari APBN 2021. Untuk memperpanjang 4 Bansos Yang Di perpanjang Sampai 2021. Sebagai pelaksanaan program perlindungan sosial. Artinya akan ada beberapa bantuan sosial (bansos), yang di lanjutkan sampai tahun 2021 mendatang. Hal ini terkait tak kunjung usainya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020. Masyarakat bisa bernapas lega, karena empat bantuan ini di pastikan akan di perpanjang hingga tahun 2021,

Setidaknya ada sejumlah bantuan yang di pastikan, akan di perpanjang hingga 2021. 4 Bansos Yang Di perpanjang Sampai 2021, Mulai dari Kartu Prakerja hingga BLT UMKM. Dalam agenda penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) 2021 di Istana Negara, Rabu (25/11) lalu, Presiden RI Joko Widodo telah menginstruksi kan agar anggaran belanja segera di realisasikan sejak awal tahun.

Berikut Daftar Program 4 Bansos Yang Di perpanjang Sampai 2021

  • Bansos Tunai
    Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum menerima BST. “Untuk penerima BST, saya minta di lakukan validasi ulang agar penerimanya tidak orang yang itu-itu saja.”
    “Masih banyak yang membutuhkan,” ujar Juliari seperti di kutip dari laman setkab.go.id, Senin (23/11/2020). Perpanjangan program BST bertujuan untuk menjaga pemulihan ekonomi nasional sejumlah 10 juta KPM pada 34 provinsi.
  • BLT UMKM
    Bantuan lain yang di perpanjang hingga 2021 adalah Bantuan Presiden (Banpres), Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta untuk pengusaha mikro alias BLT UMKM, “Jika perekonomian nasional pada kuartal I-2021 masih belum stabil, maka bantuan ini kemungkinan besar akan di teruskan,” ujar Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, Senin (7/9/2020).
    Teten menambahkan, bantuan ini di berikan secara cuma-cuma alias hibah untuk membantu para pelaku usaha mikro agar memiliki modal ketika membuka usahanya.
    Cara untuk mendaftarkan bantuan ini, para pelaku UMKM harus mengajukan usahanya terlebih dahulu kepada Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten/kota di wilayah masing-masing.
  • Kartu Prakerja
    Program Kartu Prakerja juga di pastikan di perpanjang hingga 2021. Masyarakat yang belum lolos pada program Kartu Prakerja pada 2020 dapat mendaftarkan diri kembali.
    Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, Pendaftar yang sudah memasukkan data tinggal menunggu pembukaan gelombang berikutnya di tahun depan. Sebab data mereka sudah tersimpan di dalam data base PMO dan tidak perlu mengisi data seperti saat mendaftar pertama kali di situs www.prakerja.go.id.
  • Subsidi Gaji
    Program bantuan lain yang akan dilanjutkan pada 2021, adalah subsidi gaji bagi karyawan swasta, dengan gaji di bawah Rp 5 juta dan terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan melanjutkan program subsidi gaji hingga kuartal I tahun depan. Masih menurut keterangan Airlangga, pemerintah tengah mempertimbangkan untuk melanjutkan hingga kuartal II. Artinya, tahun depan program subsidi gaji bisa jadi bakal berlanjut dalam enam bulan di 2021.
BACA JUGA  6 Jenis Bantuan Pemerintah

Penutup

Demikianlah artiekel tentang bantuan sosial dari pemerintah yang dapat saya sampaikan, dan masih banyak lagi bantuan BSU, PBI-JKN, PKH. Semoga bermanfaat.