6 Jenis Bantuan Pemerintah
6 Jenis Bantuan Pemerintah

6 Jenis Bantuan Pemerintah

Diposting pada

CaraCepat.Net — 6 Jenis Bantuan Pemerintah — Pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat penerima manfaat di tahun 2021. 6 jenis bantuan dari pemerintah yang akan di cairkan di bulan Januari 2021, Untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Seperti tujuan awalnya, sejumlah bantuan ini di salurkan pemerintah, Untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah perekonomian yang lesu akibat di hantam pandemi.

Pemerintah berharap dengan di salurkannya bantuan tersebut, dapat memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat sekaligus untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Presiden Joko Widodo menuturkan, pemerintah telah menyiapkan dana anggaran APBN tahun 2021 sebesar Rp110 triliun untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Ada 6 jenis bantun pemerintah yang cair pada Januari 2021

  1. Subsidi Token Listrik Gratis PLN
    Pada 2021 pemerintah juga akan memperpanjang pemberian subsidi token listrik PLN dengan anggaran Rp3,78 triliun.
    Maka Subsidi token listrik berlaku bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA. Oleh karena itu, untuk pelanggan listrik kategori daya 450 VA bagi rumah tangga maupun bisnis dan industri kecil, Jadi tidak di kenakan tagihan listrik alias gratis.
    Sedangkan kepada pelanggan dengan kategori daya 900 VA (rumah tangga) mendapatkan diskon 50 persen.
  2. Kartu Prakerja
    Pemerintah telah menyiapkan Rp10 Triliun untuk pemberian bantuan sebesar Rp600 ribu tiap bulannya. Namun, untuk jadwal pastinya masih belum di ketahui.
    Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja. lalu Louisa Tuhatu mengatakan program Kartu Prakerja gelombang 12 masih menunggu arahan dari komite cipta kerja (KCK).
  3. Kartu Sembako (Bantuan Pangan Non Tunai)
    Pemerintah telah menyiapkan dana anggaran Rp45,1 triliun untuk program Kartu Sembako yang akan di salurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing penerima akan mendapat Rp200 ribu per bulan.
  4. Program Keluarga Harapan (PKH)
    Selanjutnya, pemerintah menyiapkan Rp28,7 triliun untuk Program Keluarga Harapan (PKH) yang akan di salurkan kepada 10 juta KPM selama 4 triwulan. Tetapi Penerima manfaat harus memenuhi komponen di antaranya ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.
  5. Bansos Tunai (BST)
    Pemerintah menyiapkan anggaran Rp12 triliun untuk program bansos tunai (BST) yang akan disalurkan kepada 10 juta KPM, masing-masing penerima akan mendapatkan Rp300 ribu selama 4 bulan.
  6. BLT Dana Desa
    BLT Dana Desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan daya beli dan daya ungkit ekonomi masyarakat desa. Besaran anggaran yang telah disiapkan yakni sebesar Rp14,4 triliun.
    Tak hanya itu, BLT Dana Desa juga bisa di gunakan untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa, oleh sebab itu berbagai program sosial untuk mendukung jaring pengaman sosial bagi masyarakat perdesaan.
BACA JUGA  Kapan BLT Subsidi Gaji 2021 Cair?