Alergi Dingin Gejala Penyebab Cara Mengatasi dan Pencegahannya
Alergi Dingin Gejala Penyebab Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Alergi Dingin: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Diposting pada

CaraCepat.NetAlergi dingin menjadi salah satu jenis gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi. Seperti namanya, alergi ini muncul dikarenakan udara dingin yang terasa begitu menusuk. Ketika seseorang terpapar, ia akan menderita gatal pada kulit disertai dengan ruam dan bentol. Penggunaan air purifier disarankan sebagai salah satu upaya pencegahan alergi dingin.

Selain itu, perlu diketahui bahwa gangguan kesehatan ini cenderung lebih sering terjadi pada remaja yang beranjak dewasa. Nantinya, reaksi alergi pada umumnya akan hilang sendiri. Namun, pada kasus yang cenderung lebih parah, penanganan tetap perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan alergi dingin bisa muncul secara berulang karena paparan udara dingin.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait gangguan alergi dingin yang perlu diketahui. Dengan pemahaman yang baik, tentu Anda nantinya bisa melakukan penanganan dan pencegahan yang maksimal.

Gejala Alergi Dingin

Secara umum, gejala utama yang muncul dikarenakan alergi dingin adalah bentol di bagian kulit dengan warna kemerahan dan disertai dengan rasa gatal. Ukuran bentol yang muncul di permukaan kulit cukup beragam, mulai dari sekadar titik merah hingga agak lebar.

Apabila paparan udara dingin terus terjadi dan ditambah hal lain, seperti memegang benda dingin ataupun mandi dengan air dingin, maka gejala tersebut akan terasa lebih parah. Hanya saja, umumnya, gejala ini muncul sekitar 2 jam dan nantinya perlahan akan hilang sendiri.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Sebagaimana disinggung di awal bahwa alergi dingin secara umum bisa reda dengan sendirinya. Hanya saja, jika gangguan tersebut tidak kunjung hilang dan rasa gatal terus menjalar, maka pemeriksaan lanjutan menjadi hal yang diperlukan.

Lantas, kapan harus pergi ke dokter?

Ketika alergi dingin tidak membaik hingga 2 hari dan terus terasa gatal serta bentol tidak hilang, maka ada baiknya jika memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Ada beberapa tanda yang juga bisa dijadikan indikasi kenapa Anda perlu ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

BACA JUGA  Drama Korea Yang Tayang Februari 2021

Beberapa indikasi tersebut diantaranya adalah:

  • Muka cenderung bengkak dan berwarna merah
  • Pandangan mata cenderung terlihat gelap
  • Keluarnya keringat dingin
  • Jantung terasa lebih berdebar

Selain indikasi tersebut, ketika paparan alergi dingin menyebabkan Anda merasa sesak ketika menghirup udara, maka pemeriksaan lanjutan menjadi penting untuk dilakukan.

Penyebab Alergi Dingin

Pada umumnya, paparan air dingin atau udara dingin menjadi sebab utama kenapa alergi dingin terjadi. Hal ini dikarenakan ketika terpapar suhu dingin, maka tubuh penderita tersebut akan melepaskan zat kimia bernama histamin yang menimbulkan reaksi alergi.

Hanya saja, secara mendalam, belum diketahui kenapa udara dingin bisa menimbulkan reaksi alergi. Namun, kulit yang cenderung sensitif menjadi salah satu faktor yang diduga kuat menjadi salah satu sebab. Selain itu, ada beberapa hal lain yang dianggap menjadi penyebab alergi dingin, diantaranya adalah:

  • Usia

Faktor usia memiliki peran terkait terjadinya alergi dingin. Dalam hal ini, anak-anak dan remaja adalah kelompok usia yang memiliki tingkat kerentanan yang lebih tinggi karena daya tahan yang belum sempurna. Namun, biasanya, alergi dingin yang terjadi bisa sembuh dengan sendirinya.

  • Menderita gangguan kesehatan

Hal lain yang diduga menjadi penyebab alergi dingin adalah adanya gangguan kesehatan yang dirasakan. Seorang penderita kanker atau hepatitis serta mereka yang terkena infeksi memiliki risiko yang cenderung lebih tinggi untuk terkena paparan alergi dingin.

  • Faktor keturunan

Faktor keturunan juga menjadi sebab kenapa alergi dingin terjadi. Seseorang dengan keturunan dari penderita alergi dingin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena gangguan kesehatan yang sama.

Beberapa hal di atas merupakan apa yang diduga menjadi penyebab dari masalah alergi dingin yang terjadi. Dengan mengetahui beberapa sebab tersebut, tentu pencegahan agar gangguan kesehatan ini tidak terjadi bisa dilakukan dengan lebih optimal.

BACA JUGA  So I Married an Anti Fan Ep 11 Sub Indo Drakorindo

Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Terjadi

Ketika alergi dingin terjadi, apa yang harus dilakukan?

Secara umum, alergi dingin memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika reaksi gatal muncul dengan terus menerus dan tidak kunjung reda, maka penderita perlu melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Konsumsi obat-obatan bisa dijadikan salah satu hal yang dilakukan. Upaya mengatasi masalah ini cenderung disarankan terutama untuk gangguan alergi dingin yang muncul disertai dengan sesak napas.

Selain itu, penggunaan obat alergi juga bisa dijadikan opsi. Ada beberapa opsi obat alergi yang bisa dipilih untuk membantu mengatasi alergi dingin dengan lebih cepat dan lebih optimal. Adapun beberapa obat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Antihistamin
  • Capsaicin oles
  • Corticosteroid
  • Dan lainnya

Dengan konsumsi obat di atas, bisa jadi alergi dingin bisa diatasi dengan lebih cepat dan lebih mudah. Hanya saja, tentu, konsumsi obat tersebut harus sesuai dengan dosis yang disarankan ataupun resep yang diberikan oleh dokter.

Pencegahan Alergi Dingin

Selain cara penanganan, ada baiknya jika Anda mengetahui langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan langkah pencegahan tepat agar alergi dingin tidak terjadi. Beberapa langkah tersebut adalah:

  • Melindungi kulit dari paparan udara, air ataupun benda dingin lainnya
  • Menghindari konsumsi makanan serta minuman dingin untuk pencegahan masalah tenggorokan
  • Mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter

Selain ketiga hal di atas, pencegahan alergi dingin juga bisa dilakukan dengan menjaga daya tahan tubuh. Konsumsi makanan bergizi serta aktivitas olahraga bisa menjadi benteng pertahanan diri yang dilakukan.

Drew Care Air Purifier, Solusi Tepat Pencegahan Alergi Dingin Dengan Optimal

Untuk pencegahan alergi dingin yang lebih optimal, terutama di lingkungan rumah, Anda bisa menggunakan produk Drew Care air purifier. Produk ii bisa diandalkan karena akan menjaga suhu di dalam rumah tetap stabil sehingga tidak ada hawa dingin yang terlalu menusuk yang akan dirasakan.

BACA JUGA  Rekomendasi Beberapa Aplikasi Penggabung Foto Android

Tidak hanya itu, produk Drew Care air purifier merupakan produk andalan untuk menyaring dan menjaga kebersihan udara di dalam rumah. Menggunakan HEPA H13 sebagai filter serta adanya UV light mode, alat ini mampu menyaring udara dengan sangat optimal serta membunuh virus yang ada di udara.

Tentu, dengan udara yang lebih bersih dan bebas dari virus, Anda akan mendapatkan udara yang jauh lebih sehat. Anda pun nantinya akan terhindar dari paparan polusi yang bisa menjadi sebab munculnya alergi ataupun masalah pernapasan lainnya.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan Drew Care air purifier ini?

Drew Care air purifier hadir dengan ukuran yang cenderung compact dan mudah dipindah. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, Anda nantinya bisa memindahkan alat ini ke ruangan lain dengan mudah untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Tidak hanya itu, sebagai salah satu air purifier terbaik, Drew Care air purifier memiliki penggunaan daya listrik yang tidak terlalu besar. Alat ini hanya memerlukan daya listrik sekitar 45 watt saja setiap kali dioperasikan.

Deskripsi: air purifier dari Drew Care bisa menjadi solusi tepat mengatasi polusi dan penyebab alergi dingin. Tidak hanya mudah digunakan, produk ini memiliki fitur yang lengkap.