Daftar Resuffle Menteri Kabinet 2020
Daftar Resuffle Menteri Kabinet 2020

Daftar Resuffle Menteri Kabinet 2020

Diposting pada

CaraCepat.NET — Daftar Resuffle Menteri Kabinet 2020 — Presiden Joko Widodo resmi menunjuk enam menteri baru dalam reshuffle kabinet.

Berikut Daftar Resuffle Menteri Kabinet 2020

Pertama adalah Tri Risma Harini, sebagai Menteri Sosial, “Kami berikan tanggung jawab untuk menjadi menteri Sosial,”kata Presiden Joko Widodo yang di dampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Selasa 22 Desember 2020.

Kedua adalah Sandiaga Salahuddin Uno, yang sebelumnya menjadi wakil Gubernur DKI Jakarta, dan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), dan mantan calon wakil Presiden pada pemilihan Presiden tahun lalu. “Akan kami di berikan tanggungjawab Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,”

Ketiga, Budi Gunadi Sadikin, sebelumnya wakil Menteri BUMN “Akan memimpin Kementerian Kesehatan,”

Keempat, Yaqut Cholil Qoumas, tokoh muslim ketua Gerakan Pemuda Ansor akan di berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Rozi.

Kelima, Sakti Wahyu Trenggono, sekarang memegang jabatan wakil Menteri Pertahanan, akan di berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Keenam, Muhammad Lutfi, yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, sebelumnya pernah Menteri perdagangan di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Dubes RI untuk Jepang, kembali di tunjuk untuk memimpin Kementerian Perdagangan.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2000 tentang Hak Keuangan/Administratif Menteri Negara dan Bekas Menteri Negara Serta Janda/Dudanya, gaji menteri di tetapkan sebesar Rp 5.040.000 per bulan. Sementara itu, tunjangan dan fasilitas lain, dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu pejabat setingkat menteri mendapatkan tunjangan jabatan sebesar Rp 13.608.000 per bulan. Jika di total, gaji dan tunjangan yang di terima oleh menteri adalah sebesar Rp 18,64 juta per bulan.

BACA JUGA  Komik One Piece Episode 1002 Sub Indo

Selain itu, pejabat menteri akan menerima berbagai fasilitas lain dari negara, antara lain jaminan kesehatan, mobil dinas berpelat RI beserta pengawalan VIP, dan rumah dinas. Menteri negara juga mendapatkan fasilitas lain seperti dana operasional karena jabatan nya.

kepemimpinan Jokowi-Maruf ini mendapat tanggapan dari berbagai pihak mulai dari pengamat politik, ekonom hingga politisi.

Berikut tanggapan mereka Daftar Resuffle Menteri Kabinet 2020

  1. Pengamat Politik
    Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, memberi apresiasi atas perombakan kabinet kali ini. Menurut Burhanuddin, Presiden telah berhasil memilih calon menteri yang sesuai harapan publik. Dari 1 sampai 10, saya kasih kredit poin 7,5,” katanya sebagaimana dikutip dari KompasTV, Rabu (23/12/2020). Burhanuddin mengatakan reshuffle kali ini bukan semata-mata mengaokomodir partai, tetap juga memperhatikan kompetensi.
  2. Fadli Zon
    Politikus Gerindra, Fadli Zon, yang kerap memberi kritik ke pemerintah juga memberi tanggapan atas reshuffle kabinet. Fadli memberi ucapan selamat kepada para menteri baru.
  3. Andi Arief
    Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, juga berkomentar atas reshuffle kabinet. Andi menyebut dr Terawan sebagai sosok yang jujur.
  4. Fahri Hamzah
    Melalui akun Twitternya, politikus Partai Gerindra, Fahri Hamzah, juga berkomentar soal reshuffle kabinet. Mantan Wakil Ketua DPR ini tidak menyebut secara gambang soal reshuffle. Tapi ia menyinggung soal nama-nama yang dipilih.
  5. Ekonomi
    Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, mempertanyakan ditunjuknya Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Apa tidak ada orang yang lebih kompeten yang menguasai bidang kesehatan masyarakat dari jajaran birokrat karier atau akademisi.