CaraCepat.Net hanya mengulas tentang Perbedaan Dan Persaan OSI Layer Dengan TCP Layer untuk informasi.
CaraCepat.Net hanya mengulas tentang Perbedaan Dan Persaan OSI Layer Dengan TCP Layer untuk informasi.

Perbedaan Dan Persamaan OSI Layer Dengan TCP Layer

Diposting pada

CaraCepat.Net Buat kamu yang sedang mencari Perbedaan Dan Persamaan OSI Layer Dengan TCP Layer. Kamu tepat menemukan artikel ini. Tapi Sebelum admin mengulas ke pokok pembahasan persamaan dan perbedaan OSI layer dengan TCP layer. Apakah kamu tahu apa yang di maksud dengan OSI layer dan TPC layer?. OSI layer yaitu stadar komunikasi yang di pakai atau di terapkan dalam suatu jaringan komputer. TCP layer yaitu standar komunikasi data yang sering di gunakan pada internet untuk suatu proses tukar – menukar atau saling mengirim data dari suatu komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan internet.

OSI layer dengan TCP layer keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak. Hal ini di karnakan OSI layer dan TCP layer di racang berbeda walaupun pada dasar nya memiliki kegunaan yang cukup sama.

OSI Layer Dengan TCP Layer
OSI Layer Dengan TCP Layer

TCP layer memiliki 4 buah layer yaitu Network access layer, Internet layer, Transport layer, dan Aplication layer yang ke-4 nya memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda pada tiap layer nya. Sedangkan OSI layer memiliki 7 buah layer yaitu Phycal layer , Data link layer, Network layer, Transport layer, Session layer, Prestation layer, dan Application layer.

Persamaan OSI Layer Dengan TCP/IP Layer

  1. Masing-masing model menggunakan Layer dalam menjelaskan proses komunikasi data.
  2. Memiliki Application Layer, meskipun terdapat perbedaan fungsi untuk layer tersebut.
  3. Masing-masing memiliki Transport dan Internet (network) Layer.
  4. Masing-masing menggunakan asumsi pengiriman paket data secara packet-switched dalam mencapai alamat tujuannya.
  5. Bagi Network Professional, kedua model tersebut di atas harus dipelajari untuk memahami konsep dasar komunikasi data di jaringan.

Perbedaan OSI Layer Dengan TCP/IP Layer

  1. OSI mengembangkan modelnya berdasarkan teori. sedangkan TCP mengembangkan modelnya setelah sudah di implementasikan.
  2. TCP/IP lebih populer untuk digunakan karena lebih sederhana ketimbang model OSI
  3. Dalam OSI Layer memiliki 7 Layer.  Sedangkan pada TCP/IP hanya memiliki 4(empat) Layer.
  4. Dalam OSI Layer Proses komunikasi data di dalam jaringan secara physical, dimodelkan dalam dua layer (Data Link dan Physical Layer) sedangkan pada TCP/IP dimodelkan dalam satu layer yaitu Network Access.
  5. Di dalam OSI Layer terdapat tiga layer yang berkaitan dengan Aplikasi (Application, Presentation, dan Session) sedangkan dalam TCP/IP hanya satu Layer yaitu Application Layer.
BACA JUGA  Sinopsis Ikatan Cinta 25 Januari 2021

CaraCepat.Net hanya mengulas tentang Perbedaan Dan Persaan OSI Layer Dengan TCP Layer untuk informasi.

KESIMPULAN

TCP/IP Layer di kembangkan oleh Departement of Defense U.S pada tahun 1970an. Model teknologi TCP/IP ini ternyata lebih populer di gunakan di pasar ketimbang model yang di kembangkan oleh OSI. Sedangkan Open Systems Interconnect (OSI) Layer di kembangkan oleh sebuah organisasi yang merupakan badan standarisasi internasional ISO. Demikianlah artikel yang mengulas tentangPerbedaan Dan Persamaan OSI Layer Dengan TCP Layer.